SEO itu Menjebak, Tidak Ada Gunanya. Internet Marketer

473 views

Beni mengatakan jika praktek blogging itu seharusnya tak perlu memperdulikan hal-hal yang berkaitan dengan SEO. Menurutnya tak perlu melakukan riset keywords didalam praktek membuat artikel dalam blog, dan membuat backlink adalah suatu yang tak penting. Blogging ya blogging aja, sebatas sharing mengenai perspektif Anda dengan hal-hal yang berlangsung di sekitar Anda, dan sharing seputar pengetahuan atau keahlian Anda. Kemudian di bagian lain, Beni pun mengatakan bahwa semua itu dikembalikan terhadap maksud kita membangun blog.

Dari percakapan tersebut, saya urutkan sejumlah pernyataan Beni yang bagi saya lumayan kontroversial;

Semua itu dikembalikan terhadap TUJUAN kita membangun blog

Lupakan SEO, untuk Saya SEO MENJEBAK. Blogging tak usah memperdulikan keywords. Backlinks itu merupakan suatu hal yang tak penting

Blogger terjebak oleh pendapatan online semacam Google Adsense dan PPC yang lain.

Anda pasti menjumpai suatu hal yang bertentangan dari pernyataan Beni. Bila saja hal itu diucapkan oleh seorang yang bukan dari golongan internet marketer, saya bakal acuhkan saja sebab pernyataannya semacam orang yang tak mengerti internet marketing. Tetapi jika pernyataan tadi bersumber dari sesosok blogger sekalian internet marketer, itu sebagai suatu hal yang dapat menyesatkan seluruh amatir yang jadi fans si Beni di dunia internet marketing. Mengapa begitu? Saya coba paparkan.

Apa Tujuan Membangun Sebuah Blog?

Saya merujuk kepada pernyataan Beni yang mengatakan “semuanya dikembalikan terhadap TUJUAN kita membangun blog.” Dalam sejumlah artikel lain yang mengupas mengenai blogging, saya sempat mengatakan bahwa tiap blogger tentu mempunyai maksud tersendiri didalam membangun dan membuat blog. Ada blogger yang membangun blog menjadi tempat sharing, tempat curhat, sharing pengetahuan, membangun blog tuk bisnis, dan ada juga blogger yang membuat blog tuk menghasilkan uang secara online dari affiliasi atau PPC. Ya, semuanya balik ke maksud kita membangun blog.

Namun bisa saja Anda bayar pengunjung dengan beriklan via Google Adwords, Facebook Ads ataupun sumber pengunjung berbayar lainnya, tetapi apakah Anda mau selama itu bergantung kepada iklan saja tuk memperoleh trafik? Tentu tidak mau. Untuk memperoleh pengunjung dari beragam sumber, pastinya Anda pun musti memperhatikan pengunjung organik dari search engine, khususnya Google. Dan saat Anda ingin trafik organik dari Google, kemudian Anda wajib paham dan mengerjakan strategi SEO.

Lupakan SEO, Buat Saya SEO Itu Menjebak!

Menurut Beni SEO adalah suatu hal yang menjebak sebab dia mencermati saat ini banyak sekali blogger yang kelewat memaksakan diri mengoptimalkan blognya supaya cepat berada di halaman utama search engine Google. Tujuannya telah jelas, agar pengunjung blognya lebih banyak. Alih-alih mendapat posisi yang baik di Google, blogger itu bahkan mencermati posisi blognya di Google makin jeblok, atau parahnya tak terindeks. Tapi apa benar SEO itu menjebak blogger?

Jika anda perhatikan, ada banyak website atau blog yang pada mulanya hanya blog biasa, tetapi setelah di optimasikan dengan benar kemudian mempunyai posisi yang bagus di Google dan mempunyai visibilitas yang besar, akhirnya menjadikan blog tersebut tersohor. Begitu pula dengan situs-situs bisnis e-commerce, semacam Lazada dan bisnis online lainnya, mereka optimasi blog mereka setiap kali dari pandangan SEO. Saat banyak pebisnis online dan internet marketer berjuang mengoptimalkan website mereka dari pandagan SEO, Beni malah menyebutkan bahwa SEO tersebut menjebak.

SEO adalah satu dari sekian banyak bagian dari pemasaran lewat internet, meski bukan salah satu cara tuk memperoleh visibilitas. Saya berpendapat jika Beni adalah internet marketer yang sekalipun tak mengerti tentang hal yang berhubungan dengan SEO, atau bisa saja dia pernah memiliki keadaan buruk situsnya deindeks sebab mempraktekkan SEO yang tidak benar. Kalau kasusnya seperti itu saya dapat memaklumi pernyataannya. Tetapi amat keliru jika dia menyebutkan bahwa SEO tersebut menjebak, sebab pada kenyataannya SEO itu tak sedikitpun menjebak, tetapi MINDSET anda mengenai SEO lah yang menjebak hingga mengerjakan taktik SEO yang tidak benar.

Saya tahu jika beberapa dari blogger dan internet marketer tak menerapkan SEO didalam blog mereka. Itu boleh saja. Memang benar, SEO bukanlah hanya soal keywords dan backlink, tetapi juga berkaitan dengan authority dan sejumlah hal lainnya. Tapi, jika anda membangun dan membuat blog tuk bisnis atau make money online, sudah semestinya jangan pernah melupakan SEO.

Blogger Terjebak Oleh Penghasilan Online Semacam Google Adsense

Jika saja pernyataan itu dikatakan oleh sesosok travel blogger, tentu akan lain ceritanya. Namun pernyataan tersebut dilontarkan oleh sesosok blogger sekalian internet marketer, orang yang mengerti bahwa blogging untuk keuntungan itu merupakan salah satu format internet marketing yang wajar, pendapat saya hal ini merupakan suatu pernyataan yang ngaco.

Saya amat setuju jika sesosok blogger sudah semestinya mengarang hal-hal yang sungguh berkaitan dengan passion, skill, science, dan hal-hal lainnya yang berlaku sebagai minat tersendiri. Pada dasarnya adalah banyak sekali blogger yang mengerjakan riset keywords terlebih dulu sebelum membuat artikel yang serasi dengan minat mereka, tetapi hal itu bukan mempunyai arti mereka ‘budak’ Google seperti yang dikatakan oleh Beni. Gimana kalau passion si blogger emang mengenai bisnis online, make money online, Google Adsense, dll, tidak salah kan mereka menjadikan blog dan mau menghasilkan uang dari Google Adsense atau affiliate? Pendapat saya terlalu cetek jika kita menghakimi orang lain secara mengatakan seorang itu ‘budak’, tapi kenyataannya kita sendiri tidaklah orang yang sangat sempurna.

Passion + riset keyword + konten = money, sebagaimana yang telah anda ketahui itu adalah sesuatu yang baik? Perpaduan diantara skill atau passion dalam masalah tertentu, beserta keahlian memilih keywords tuk konten, membuat konten yang serasi dengan skill atau passion, bersamaan dengan menghasilkan uang dari artikel-artikel di web tersebut. Sekalipun tak ada yang salah di sana, semua itu merupakan tahap-tahap belajar dan menikmati passion mereka sekalian menghasilkan uang dari sana.

Tags: #biaya seo #jasa email marketing #jasa pembuatan website termurah #jasa seo wordpress #jasa web toko online murah #pembuatan toko online #perusahaan jasa seo

Author: