Penyebab Ranking Blog atau Website Turun Secara Mendadak di SERP Google

909 views

Blog atau website Anda pasti sempat mengalami kemerosotan posisi di SERP dengan drastis? Salah satu blog saya yang menggunakan bahasa Inggris sempat mengalaminya, dan menjadikan trafik blog jadi drop. Untuk blogger ataupun yang bekerja sebagai internet marketer, kehilangan pengunjung dari search engine dengan mendadak merupakan suatu yang amat menjengkelkan.

Untuk sosok pebisnis online, pengunjung dari search engine Google ialah suatu hal yang amat berharga. Khususnya jika web mereka berhadap kepada laman utama SERP Google. Pengunjung yang berwisata ke website bakal melimpah, dan konversi revenue normalnya akan sesuai dengan trafik yang berasal dari search engine Google.

Terdapat sejumlah masalah yang mejadikan blog atau website anda mendapati penurunan posisi di SERP Google dengan mendadak. Berikut adalah sejumlah penyebabnya:

Google Honeymoon Yang Akhirnya Berakhir

Penampakan Google Honeymoon merupakan suasana yang mana suatu blog atau website yang terbilang baru mendadak mendapatkan peringkat yang amat baik di search engine Google, kadang dapat menduduki ranking 5 besar dalam kurun waktu amat singkat. Tetapi saat Google Honeymoon selesai, posisi blog atau website itu tak ditampilkan lagi di laman utama pencaharian Google.

Efek Dari Google Sandbox

Google Sandbox ialah pinalti yang dibuatkan oleh search engine Google kepada blog atau website yang menyalahi standard search engine Google. Paling banyak yang mengalaminya ialah website-website yang mengerjakan kegiatan SPAM, baik dari dalam ataupun dari luar website tersebut. Di saat suatu website atau blog sudah masuk ke dalam Google Sandbox kemudian website atau blog itu tak akan muncul didalam result penelusuran Google. Situs-situs bisnis Amerika begitu banyak yang mengalami dampak dari Google Sandbox. Jika untuk website-website berbahasa Indonesia saya tidak pernah mengalaminya tetapi satu dari blog saya yang berbahasa Inggris sempat mengalaminya.

Tuk membalikan website yang mengalami Google Sandbox balik ke laman penelusuran Google tidak sesuatu yang gampang dan singkat. Meskipun banyak webmaster yang sukses membalikan situsnya ke posisi awal, tahap-tahap dan effort yang dikerjakan rupanya lumayan banyak.

Perubahan Algoritma Google

Google sungguh serius dengan SERP search enginenya. Hal itu terkesan dari perubahan yang lumayan besar yang Google lakukan terhadap algoritma mereka. Jika dahulu website-website Bot atau Auto kerap memperoleh posisi yang baik di search engine, saat ini website tersebut sudah hampir semuanya hilang dari search engine Google dan lebih mendahulukan website-website yang mempunyai artikel original dan up-date.

Jika anda lihat, sekarang ini Google amat kerap menginovasi result pencarian dari website mereka. Tak heran bila anda sudah melihat inovasi dalam result pencarian di Google. Pembaruan algoritama itulah yang banyak menyebabkan tempat website atau blog di SERP Google kerap mendapati perubahan. Tetapi gak usah khawatir, jika Anda mempunyai artikel yang informatif, asli dan website Anda mempunyai struktur website yang baik, inovasi Algoritma itu tak begitu berpengaruh terhadap posisi website atau blog Anda di search engine Google.

Website Anda Mengandung Malware

Itulah satu dari sekian banyak kecanggihan search engine Google, mereka dapat memperoleh informasi jika suatu website atau blog berisi malware – kode atau script yang berbahaya untuk visitor. Search engine Google bakal memberi peringatan terhadap calon visitor jika website tersebut memiliki malware yang berbahaya, dan calon visitor itu jelas saja tak mau mengambil risk membuka suatu website yang cukup bahaya untuk perangkat komputernya. Website-website yang berisi malware bakal mengantongi popularitas yang buruk, baik dari search engine atau pun user. Pada akhirnya website tersebut akan terlontar dari laman penelusuran Google.

Artikel Website Meng-Copy Dari Sumber Lain

Hal ini merupakan suatu hal yang amat sering dikerjakan oleh blogger abal-abal hehehe. Seorang COPASTER yang amat ahli sama sekali tak bakal bisa terhindar dari dampak tindakannya meng-copy artikel orang lain secara keseluruhan tanpa memberi kredit ke artikel aslinya. Anda sudah membaca jika Google amat suka dengan konten yang asli dan menarik untuk audience artikel tersebut, dan akan memberi pinalty kepada web yang berisi hanya konten yang dicopy keseluruhan dari blog lain.

Tags: #buat web murah #jasa pembuatan blog seo #jasa seo gratis #pembuat website #pembuatan web murah

Leave a reply "Penyebab Ranking Blog atau Website Turun Secara Mendadak di SERP Google"

Author: