Google HummingBird, Sebuah Update Terbaru Dari Search Engine Google

375 views

Beberapa waktu lalu, Google sudah meluncurkan update terbaru terhadap algoritma search engine mereka. Google menamakannya seabagai Hummingbird. Saya tak tahu mengapa Google menamakannya Hummingbird, yang jelas update terbaru dari Google itu memperlihatkan bahwa mereka betul-betul mempertimbangkan SERP di search engine mereka.

Algoritma Google Hummingbird mendukung Google mampu menangani penelusuran didalam format yang lebih panjang. Berarti, search engine Google bisa melerai suatu pertanyaan atau pencarian yang setingkat lebih kompleks. Kaum pebisnis online ataupun pengelola website yang menghandalkan search engine Google tuk trafik mereka pastinya harus tahu strategi apa yang akan dilaksanakan tuk menyesuaikan diri.

Sejak munculnya update Google Penguin dan Google Panda beberapa waktu ang lalu, lumayan banyak pengelola website dan pebisnis online yang bingung sebab menelan dampak yang amat besar terhadap trafik mereka. Lalu, saat ini muncul Hummingbird. Mungkin Anda, sebetulnya pengupdatetan bagaimana yang akan terwujud di SERP search engine Google.

Apa Perubahan Yang Dilakukan Hummingbird?

Google memperhatikan kebiasaan dari banyak usernya saat mengetikkan keywords di search engine mereka. Sebagian besar orang dominan mengetikan kata yang panjang dan spesifik didalam mendapatkan info di Google dengan mempergunakan mobile device. Berarti, munculnya HummingBird ialah suatu indikasi jika Google mau ‘merangkul’ para pemakai mobile device.

Berdasarkan prediksi Morgan Stanley, suatu perusahaan finansial multinasional yang letaknya di Amerika, total penggunaan mobile device akan menaklukan banyaknya pemakaian desktop didalam dua tahun ke depan. Maka, bukan Google namanya bila tak pandai memanfaatkan kesempatan seperti ini. Selain yang disebutkan tadi, Hummingbird pun membangun perubahan yang lumayan besar dalam menampakkan SERP Google.

Tadinya search engine Google amat memperhatikan suatu keywords yang digunakan dan mengabaikkan kata-kata tertentu didalam penelusuran mereka. Saat ini Google melihat tiap kata didalam query tuk memperoleh pemahaman yang lebih baik. Dengan kata lain, “long tail keywords” jadi suatu hal yang amat penting di era Hummingbird.

Berdasarkan pendapat Amit Shinghal, Senior Vice President and Software Engineer di Google, pemungutan nama Hummingbird ialah lantaran update alogritma tersebut akan memberi SERP yang “tepat dan cepat”. Menurutnya, Google Hummingbird bakal memberikan SERP yang lebih cocok dari sebelumnya.

Bagaimana Cara Kerja Hummingbird?

Era lalu Google meluncurkan Google Knowledge Graph, dan Hummingbird diterapkan dengan mempergunakan Google Knowledge Graph. Dengan Google Knowledge Graph, search engine akan lebih mengerti relasi antara konsep, tidak hanya keywords. Artinya, Hummingbird dirancang tuk fokus terhadap makna dari kata-kata yang digunakan di Google, tidak hanya sebatas keywords. Dengan begitu, laman web yang cukup sesuai dengan arti dari query akan memperoleh posisi lebih baik disandingkan laman web yang kewordsnya relevant sebagian kata saja.

Pendapat Amit Shinghal, dengan Hummingbird, Google bakal sanggup memberi jawaban tuk pertanyaan yang setingkat lebih kompleks. Peningkatan Google Knowledge Graph pun bisa mendukung search engine Google tuk lebih mengerti pertanyaan-pertanyaan lanjutan. Semacam saat kita mengetikkan keywords “laut dari perjanjian Djuanda” di Google, search engine Google akan tahu jika kalian mungkin akan mencari pertanyaan lain, semacam “berapa luas laut dari perjanjian Djuanda”.

Apa Yang Perlu Dilakukan Pemilik Website?

Bangun web Anda yang mudah diakses melalui perangkat mobile.

Pastikan jika web Anda mempunyai versi mobile yang gampang diakses via smartphone. Google Hummingbird sudah memperlihatkan jika search engine Google sanggup mengerti pertanyaan dari usernya, dan tidak hanya sesuai keywords saja. Artikel yang memberi jawaban spesifik akan lebih bernilai dan memperoleh posisi lebih baik di era Hummingbird.

Berarti, dengan memasukkan makin banyak konten ke blog Anda dan menolong memberi jawaban terhadap audiens, akan cukup mempercepat proses SEO blog Anda. Memberi artikel dengan analisa dan skill yang dikhususkan kepada topik tertentu merupakan upaya yang baik tuk kesuksesan artikel Anda. Bisa juga dengan menambah konten pendukung.

Tags: #desain web murah #jasa link building #jasa pembuatan website murah jakarta #jasa promosi website #jasa web surabaya #jual seo #web toko online murah

Leave a reply "Google HummingBird, Sebuah Update Terbaru Dari Search Engine Google"

Author: