Cara Sederhana Menghadapi Update Algoritma Google

446 views

Saya pernah mengerjakan riset mengenai inovasi pada algoritma Google. Hasilnya pun saya belum mendapatkan jawaban pasti. Tetapi, saya mencermati sejumlah kecendrungan yang dilaksanakan oleh tim Matt Cutts saat sedang update algoritma mereka. Algoritma Google akan selalu mendapati pengupdatetan dari masa ke masa dan tak akan pernah terhenti. Bila saat ini website Anda “selamat” dari up-date Algoritma Google, tidak tentu hal yang sama bakal terjadi terhadap situs Anda di saat-saat yang akan datang. Kasus terpenting ialah setia menjaga kualitas artikel di situs Anda dengan baik.

Sejumlah kriteria web yang bakal jadi korban up-date Algoritma Google Panda

Memiliki Sedikit Artikel

Apapun bentuk web Anda pastinya harus mempunyai artikel original didalamnya, baik konten dengan bentuk tulisan, gambar, maupun video. Satu dari sekian banyak target inti dari Algoritma Google Panda ialah website-website yang mempunyai artikel original yang sangat minim didalamnya. Google Panda pun akan menyiapkan posisi rendah untuk website yang mempergunakan artikel-artikel berkualitas buruk. Sejumlah web yang memampang iklan kelewatan bahkan bakal memperoleh penalty dari Google.

Menambahkan artikel-artikel yang cetek dan bisa untuk menghiasi website Anda merupakan suatu usaha percuma sebab Google senantiasa mendahulukan artikel-artikel terbaik memasuki ke dalam laman utama mereka. Perkirakan website Anda terisi dengan artikel yang berkualitas, menulis sesuatu yang menarik, dan membuatkan hal positif untuk pembaca.

Membuat Halaman Ganda Untuk Menargetkan Keywords Tertentu

Ada sejumlah web master yang memakai trik tersendiri tuk memperoleh halaman yang bagus di SERP Google, satu diantaranya adalah dengan membangun halaman double yang mirip. Algoritma Google Panda akan memberikan penalty terhadap website-website yang mempunyai halaman double dengan harapan tuk menargetkan keywords tertentu. Salah satu sample sederhana, saat web master menargetkan kata kunci “celana joger” kemudian ia mecetak beberapa halaman yang mirip tuk menargetkan satu keyword/konten, misalnya “celana joger adidas”, “celana joger murah”, dan “jual celana joger”. Hal itu tidaklah suatu cara baik tuk mengoptimalkan website Anda sebab search engine akan melihat web Anda mempunyai halaman yang mirip.

Mempunyai Rasio Iklan Tinggi

Target inti algoritma Google Panda yang lain ialah website-website yang mempunyai rasio iklan tinggi. Bila seorang user suatu web harus mengerjakan scroll ke bawah supaya bisa menikmati artikel original dari suatu web, bisa jadi indikasi bahwa website tersebut mempunyai rasio iklan yang tinggi. Dan web seperti itu amat beresiko memperoleh “hukuman” dari Google Panda.

Banyak Halaman Kosong Dalam Situs

Ada banyak penyebab kenapa suatu situs mempunyai halaman kosong. Antara lain ialah adanya problem terhadap fungsi penelusuran internal di situs itu, atau inovasi didalam situs yang menyebabkan error kedalam situs itu dan tak diperbaiki oleh web masternya. Membiarkan halaman sepi atau error merupakan faktor lain yang dapat menyebabkan suatu situs dapat penalti dari Google Panda. Tuk menolong memperbaiki problem itu, web master situs musti mengerjakan renovasi terhadap situs tersebut dengan cara manual, atau jika diperlukan pemilik situs harus sewa seseorang yang ahli dalam bidang tersebut.

Praktek Membeli Link

Google telah menerangkan di dalam TOS Google Web master Tools bila praktek jual beli tautan yang memiliki tujuan tuk menaikan posisi blog SERP Google adalah larangan. Dan untuk siapa saja yang kedapatan mengerjakan kegiatan itu kemungkinannya blog akan mendapat penalty dari Google. Normalnya kegiatan menjual tautan banyak dikerjakan oleh para blogger tuk mendapatkan penghasilan extra dari blog mereka, tetapi mereka tak memperhatikan artikel dalam blog mereka dan tak memperhatikan blog yang dikasih outbound link. Banyak orang yang telah menyerah didalam kegiatan jual beli tautan sebab sudah ada larangan oleh Google, tetapi masih banyak pula web master yang masih mengerjakan kegiatan jual beli tautan.

Beberapa cara untuk menghadapi update Algoritma Google

Sejumlah orang menjajal mencari solusi dengan teknik memakai trik-trik tersendiri yang tak serasi dengan TOS Google yang bertujuan agar tetap terbebas dari murka Google Panda. Barangkali selama ini mereka dapat mengelabui bot Google, tetapi menurut saya, hal itu adalah tindakan percuma sebab akan ada masanya trik mereka ketahuan dan bakal mendapatk hukuman yang berat dan sangat merugikan.

Berikut adalah beberapa rekomendasi yang wajib diingat dan kerjakan supaya website anda senantiasa siap mengalami perubahan algoritma search engine, khususnya Google:

Merubah Konten Yang Kurang Bagus

Tulislah artikel Anda jadi lebih bagus, ubah seluruh konten yang menurut Anda tak memberi informasi bermanfaat atau begitu sederhana. Tuk mengetahui apa suatu artikel dapat disebut mempunyai nilai, Anda dapat membuktikan banyak pembaca yang sudah mengunjungi dan membaca artikel itu. Jika audience artikel itu amat jarang dibaca jadi sudah bisa dipastikan sebagai artikel yang tak baik. Tulislah artikel itu jadi suatu konten yang berguna untuk pembaca Anda dengan menambah konten unik di dalamnya.

Buat Rasio Iklan Yang lebih Baik

Bila sekarang ini blog Anda tak memampang iklan maka lupakan langkah ini dan dilanjutkan ke langkah selanjutnya. Tetapi, jika blog Anda memampang iklan, coba lihat lagi penempatan iklan didalam situs anda. Saya pribadi tak merekomendasikan pemakaian iklan “above the fold”, namun jika Anda sengaja menggunakannya seharusnya pergunakan format iklan yang tak begitu besar hingga audience bisa langsung membaca artikel di dalam situs Anda tanpa harus menjalankan Scroll ke bawah.

Lakukan Maintenance Situs Secara Berkala

Jika sekarang Anda mempunyai suatu situs yang besar dengan kuantiti pengunjung begitu banyak, maka Anda harus menjalankan maintenance terhadap situs tersebut dengan berkala. Kadang-kadang suatu situs mengandung problem dengan timbulnya error, halaman sepi, broken link, dan problem lainnya yang mampu mengurangi kualitas situs itu di mata Google ataupun pengguna.

Memposting Konten Bermutu

Pemilik website wajib menyadari jika suatu konten yang sempurna adalah konten yang menyiapkan value terhadap pengunjungnya. Mengingat itu, pastikan jika konten yang bakal dipublish merupakan konten yang sungguh bermanfaat untuk pembaca website Anda. Jangan memaksa tuk mengetikan keyword didalam konten hanya tuk mengejar halaman yang baik di SERP Google tuk keywords tertentu sebab perilaku visitor di dalam suatu website bisa berpengaruh SEO suatu website.

Hindari Jalan Pintas

Search engine Google kerap menyiapkan hukuman terhadap website-website yang menggunakan jalan pintas didalam cara mencapai posisi terbaik di search engine. Menggunakan jalan pintas umumnya dikerjakan oleh web master yang mau membangun posisi suatu website menjadi lebih baik dengan upaya yang tak direkomendasikan, seperti dengan spam links, perkembangan like dan share di media sosial dengan tak wajar, dan yang lainnya. Algoritma Google dapat melihat perilaku visitor suatu website, hingga mereka juga bakal tahu apa artikel di website tersebut layak dibaca atau belum.

Tags: #cara bikin website sendiri #jasa buat website murah #jasa optimasi seo #jasa seo handal #jasa seo jakarta #jasa web desain #seo indonesia