Cara Melindungi Domain Anda dari Hal Negative SEO

342 views

Di dunia SEO ada yang namanya kampanye negatif atau Negative SEO. Maksudnya adalah tuk menjatuhkan posisi atau ranking situs pesaing di search engine Google. Jelas saja Negatif SEO itu amat merugikan situs bisnis, sebab dapat merusak popularitas suatu website di mata Google. Lalu seperti apa cara mengatasinya? berikut adalah ulasan mengenai Negative SEO.

Apa Itu Negative SEO?

Negative SEO merupakan serangkaian tindakan yang dilaksanakan oleh pesaing tuk menyabotase posisi website Anda di search engine. Pada umumnya negative SEO mempergunakan tekhnik SEO yang dilarang oleh rule Google Web master, tekhnik yang tak etis atau biasa dianggap dengan tekhnik black hat. Agresi negative SEO tersebut dapat didalam bermacam bentuk, semacam:

Meretas website-hacking

Membuat ratusan sampai ribuan link spam kearah situs Anda. Mengcopy artikel-artikel Anda, kemudian mempublish artikel itu ke berbagai area hingga berlangsung terjadinya konten terduplikat. Membuat sejumlah link dari website-website yang tak berkualitas dengan memakai anchor text semacam Viagra, Poker, dan keywords yang tak aman. Membuat akun sosial media palsu dan merusak popularitas website Anda lewat akun itu. Mencopot links terbaik yang dibangun oleh web Anda

Cara Mencegah Serangan Negative SEO

#Mengatur email alert Web master Tools. Google dapat mengirimkan alert ke email Anda:

Ketika ada malware menerjang website Anda. Ketika website tak bisa diindeks oleh Google. Ketika konektibitas server web Anda ada problem. Ketika website Anda memperoleh manual pinalti dari pihak Google. Jika ketika ini web Anda tidak terkoneksi dengan akun Google. Web master Tools, sebaiknya kerjakan sekarang.

#Lacak Backlinks Yang Anda Bangun

Hal ini merupakan cara yang amat penting Anda kerjakan tuk mencegah para pelaku SPAM telah sukses ‘mengerjai’ web Anda. Kebanyakan dari para praktek Negative SEO dikerjakan dengan upaya membuat links dari website-website yang bermutu rendah atau links redirect.

Tools yang dapat dipergunakan tuk melacak baclinks trip website kita ialah Opensiteexplorer.org dan Ahrefs.com. Pergunakan tools itu dengan berkala dan tidak sering, untuk tahu kemajuan links kearah website Anda. Tool lain yang bisa Anda pertimbangkan ialah MonitorBacklinks.com (berbayar).

#Lindungi Backlinks Terbaik Anda

Lumayan banyak praktek Negative SEO yang berjuang untuk menjajal menghapus backlink yang telah kita buat dengan sulit. Mereka mengerjakannya dengan teknik menghubungi pengelola website di mana backlink Anda berada. Dengan mengatas namakan diri Anda, mereka menjajal meminta si pengelola website itu tuk menghapus link Anda.

Tuk mencegah hal itu, anda dianjurkan tuk mempergunakan e-mail dengan domain sendiri ketika membuat backlink dan menghubungi pengelola website lain. Hal ini dapat mencegah orang lain menjadi diri Anda ketika menghubungi pengelola website tempat link Anda terletak.

#Amankan Website Anda dari Serangan Hacker dan Malware

Bila Anda mempergunakan platform WordPress, Anda dapat menyimak sejumlah tips tuk memproteksi website atau blog Anda dari terjangan Hacker.

Anda pun bisa menggunakan plugin extra tuk menaikan security website WordPress milik Anda, yakni dengan menggunakan plugin Google Authenticator. Plugin itu akan menambah keamanan website WordPress dengan menerapkan verifikasi pasword 2 cara. Tiap kali login ke website WordPress, Anda bakal diminta tuk memasukkan kode yang dikirimkan oleh Google Authenticator ke smartphone Anda.

Pakailah password yang kuat tuk website Anda, perpaduan antara huruf, angka, serta simbol. Selalu backup file dan database web Anda dengan berkala tuk antisipasi bila nanti terjadi masalah terhadap website Anda. Saat website Anda membolehkan user tuk mengupload file, tentukan hosting Anda terinstal antivirus tuk mencegah masuknya masalah.

#Lakukan Strategi SEO yang Etis

Banyak orang yang menganggap jika seluruh strategi membuat baclinks tuk SEO adalah SPAM yang terkoordinir. Jelas saja hal itu tak seluruhnya benar, meskipun memang sejumlah penggiat SEO melakukan SPAM. Hindari tindakan berikut:

Jangan memberikan link ke website yang mengalami pinalti. Jangan mempublish konten yang bermutu rendah, seperti konten dari guest blogger. Jangan mempergunakan keywords yang serupa begitu banyak tuk backlink Anda. Janganlah beli links dari situs networks, hal ini dapat berbahaya untuk SEO Anda jangka panjang.

Ada 3 alasan mengapa seorang Spammer ‘mengerjai’ website Anda:

Tuk bersenang-senang. Tuk balas dendam. Tuk menghentikan Anda dari kompetisi di SERP Google.

Seperti apa Upaya ‘Memerangi’ Negative SEO?

Bila Anda menyadari bahwa seseorang sudah mengerjakan Negative SEO terhadap website bisnis Anda, maka Anda musti menjalankan sejumlah cara berikut ini:

#Buat List Backlinks yang Ingin Anda Hapus

LihatLihat perkembangan jumlah backlink ke web Anda dengan berkala. Tandai seluruh backlink kearah web Anda, info ini dapat anda terima lewat Google Web master Tools. Cek sumber backlink Anda, apa backlink itu dapat merusak popularitas web Anda dilain hari? Jika benar, maka Anda musti bersiap-siap tuk menghilangkannya.

#Menghapus Backlinks

Setelah menulis daftar web sumber backlinks yang mau dihapus, cara selanjutnya ialah menghubungi web master atau admin website itu. Jika website itu tak menjadikan halaman kontak, maka anda dapat menghubungi web master dengan melacak pengelolanya mempergunakan website Whois tuk mendapatkan alamat e-mail atau nomor telepon.

#Buat Daftar Disavow Links

Jika Anda memperoleh e-mail tentang manual pinalty, cara yang bisa Anda kerjakan ialah dengan mempergunakan Google Disavow Tool. Cara terhadap poin 1 dan 2 bisa saja tak berhasil anda lakukan, maka tuk menghilangkan bad links itu anda dapat membuat daftar disavow yang selanjutnya dapat anda submit ke Google Web master Tools.

Tags: #harga pembuatan web #jasa konsultan seo #jasa pembuatan website jakarta #jasa seo bulanan #jasa seo murah profesional

Leave a reply "Cara Melindungi Domain Anda dari Hal Negative SEO"

Author: