Author Rank, SEO dan Google Plus ~ Mengapa Mereka Penting?

330 views

Para penggiat internet marketing, blogger, web master, dan user internet yang lain, tentu sudah tahu mengenai adanya sosial media Google+. Hal itu merupakan salah satu sosial media yang sekarang ini telah mulai trend di golongan blogger, khususnya internet marketer yang kerap menggunakan Google. Munculnya sosial media yang dibuat oleh Google itu tak hanya mau menyaingi fungsi dari sosial media yang lainnya semacam Facebook dan Twitter.

Google amat fokus terhadap core bisnis mereka, yakni layanan search engine kepada seluruh dunia. Mereka mau memberi SERP yang dapat menolong para user search engine Google dengan menampakkan laman website berkualitas. Jika dulu, tidak sedikit internet marketer yang dapat menyingkapi SERP di Google, tetapi pasca pengembangan algoritma Google Panda dan Penguin, kisahnya sudah tidak sama sekarang.

Tetapi, Google pikir tengah ada yang kurang. Mereka mau laman utama SERP di search engine Google diisi dengan artikel yang berkualitas dan bersumber dari Author yang mempunyai kompetensi dalam bidangnya. Dari situlah pertama kali ada ide dari mereka tuk membuat Google Authorship. Awal mereka membuat pendekatan mengenai ini yakni saat Pubcon 2011.

Jika Anda kerap memakai Search Engine Google, tentu Anda akan mencermati halaman muka foto dan nama dari penulis artikel suatu laman website didalam SERP Google. Mereka mau menolong para user search engine Google tuk mendapatkan tulisan dari Author tertentu, dan Google pun memanfaatkan Author Rank didalam penentuan ranking suatu halaman website di laman penelusuran mereka.

Berbeda tentang algoritma yang lawas, SERP search engine Google kala ini amat dipengaruhi oleh Author Rank seorang penulis artikel. Bila seseorang penulis artikel mempunyai reputasi yang bagus, kemungkinan besar tiap artikelnya bakal menjadi prioritas di laman penelusuran, khususnya jika si penulis mempunyai spesialisasi membuat konten terhadap topik tertentu di suatu web.

Jika seseorang telah mengimplementasikan Google Authorship didalam website mereka, maka artikel mereka yang ada pada SERP Google akan menampakkan gambar Thumbnail dan link kearah profile si penulis di Google+.

Bagaimana Cara Menerapkan Google Authorship Terhadap Website?

Sekarang ini, telah banyak website yang pasang Google Authorship didalam website mereka, dengan maksud supaya user search engine Google lebih kenal dengan siapa penulis artikel di suatu website. Disamping itu, penerapan Google Authorship tersebut akan amat berdampak kepada ranking suatu artikel dalam SERP Google, dengan catatan penulis artikel mempunyai Author Rank yang baik.

Cara menerapkan Google Authorship sebetulnya cukup mudah, berikut caranya

  1. Anda wajib membuat akun Google+. Caranya gampang, cukup dengan mempunyai akun e-mail di Google mail. Lengkapi akun Google+ Anda tentang Biodata, Foto, dan keterangan lainnya.
  2. Setelah akun Google+ Anda siap, cara selanjutnya ialah menjalankan verifikasi jika Anda merupakan Author dari web atau blog itu. Cara yang paling mudah ialah dengan menggunakan URL Google+ Anda didalam web atau blog. Tuk blog WordPress dapat memasukkan URL Google+ di sisi profile blog WordPress nya. Kemudian tambahkan link website Anda di laman Google+ Anda, lebih tepatnya di halaman “About” pada bagian “Contributor To”.

Author Rank & SEO Di Masa Mendatang

Sekarang ini dan di saat-saat yang akan datang, Author Rank bakal jadi salah satu faktor yang amat penting didalam SEO. Jika mau artikel di web atau blog Anda mendapatkan perhatian dari search engine Google, maka Author Rank yang bagus akan amat membantu. Hal itu ialah cara anyar tuk menaikan Authority suatu domain, tak seperti zaman dulu yang amat memikirkan jumlah backlink.

Sebagian orang keliru mengartikan mengenai Author Rank. Mereka melihat bahwa makin banyak yang menambahkan dia di dalam lingkaran Google+ orang lain, kemudian Author Rank nya bakal makin baik. Kadang ada sebagian orang yang membuat tidak sedikit akun “Fake” di Google+ lalu menambahkan akun utamanya kedalam lingkaran akun Fake tersebut. Mereka mengira hal itu akan bisa mempengaruhi kepada Author Rank. Tak seperti itu. Author Rank itu lebih terhadap konten berkualitas pada niche tersendiri, dan juga terdapatnya keterlibatan orang lain dengan Anda.

Menurut saya, Google Page Rank yang sepanjang ini dikejar para blogger tak cukup ampuh didalam SEO. Sebab Author Rank telah lebih diperhatikan oleh Google. Saya mengatakan hal tersebut bukan karena SOK TAU, tetapi mencermati sejumlah riset kecil yang saya kerjakan mengenai Author Rank dan Google Page Rank.

Saya sadari, web yang mempunyai Author Rank tinggi tetapi Page Rank rendah, isi artikelnya banyak ditampilkan di laman utama Google. Artinya, Google menganggap jika konten tersebut berkualitas tetapi belum terlalu terekspose selama ini. Sebaliknya, web yang mempunyai Page Rank tinggi tetapi Author Rank cukup rendah, hal itu bisa dicurigai over backlink oleh Google. Dan cara terbaik adalah web Anda musti mempunyai Author Rank tinggi dan Page Rank juga tinggi.

Tags: #harga jasa web design #jasa desain murah #jasa pembuatan website indonesia #jasa pembuatan website murah di bandung #jasa profesional #jasa seo di bali #jasa seo murah jakarta #jasa seo murah surabaya #pembuatan website perusahaan #tarif pembuatan website

Leave a reply "Author Rank, SEO dan Google Plus ~ Mengapa Mereka Penting?"

Author: