Apa Fungsi Internal Link di Dalam Website?

649 views

Ada begitu banyak percakapan internet marketer, web master, dan penggiat SEO, yang mengupas mengenai link building. Saya pun kerap menemui diskusi hal yang berkaitan dengan strategi membuat backlinks modern dengan tekhnik yang kabarnya sangat ‘mumpuni’ yang akan menaikan ranking suatu halaman website dalam search engine Google. Saya melihat ada informasi penting yang terlupakan didalam percakapan tersebut, mereka melupakan strategy internal links yang terdapat pada suatu website atau blog.

Internal linking merupakan suatu link dari sebuah halaman website kearah halaman lainnya didalam website yang tidak beda, yang mana isinya terbilang berkaitan. Hal ini adalah salah satu upaya tuk membuat crawler Google didalam menelusuri halaman website kita. Disamping itu, internal links juga menjadikan para pengunjungnya dalam mendapatkan informasi lain yang tengah berkaitan. Pastinya hal ini akan menjadikan visitor berada sedikit lama didalam website kita. Pada umumnya, internal linking dalam website atau blog merupakan bagian yang amat penting didalam menaikan on site SEO.

Apa saja manfaat Internal Linking?

Untuk saya sendiri, harapan utama dari internal linking ialah mempermudah search engine dalam menelusuri, mengindeks seluruh halaman, dan membaca struktur blog secara keseluruhan. Struktur website yang tidak acak-acakan akan menjadikan seluruh halaman website Anda terindeks dengan baik di Mesin pencari, dan ini berarti laman web Anda akan cepat dicocokkan dengan SERP penggunanya di Mesin pencari.

Meningkatkan penggunaan dan pengalaman user di situs Anda

Sebetulnya kerap banyak blog yang menulis tentang pentingnya internal linking bagi SEO, tetapi sebetulnya bukan itu saja manfaatnya. Internal links akan menggampangkan orang untuk mencari situs Anda dan mengunjungi halaman konten lainnya di situs Anda.

Internal links dapat menjadikan visitor berlama-lama di blog Anda dan mengunjungi laman-laman lain di website itu. Menjadikan visitor kerasan di blog Anda akan menjadikan decreasing tingkat bounce rate situs Anda, dan hal ini amat penting sebab Google memperkirakan level bounce rate jadi metrik didalam memilih apakah blog Anda mempunyai isi artikel berkualitas atau belum. Jika visitor begitu cepat keluar dari blog Anda, Google dapat menganggap bahwa blog itu tak memberi keuntungan untuk pembacanya, dan hal ini bisa berakibat turunnya posisi blog Anda di search engine Google.

Meningkatkan SEO situs Anda

Dengan menjadikan internal links, Anda telah membantu spider search engine tuk mengeksplor situs Anda dengan cepat dan mudah. Memposting sejumlah konten dengan internal links pastinya akan lebih bagus dibanding membiarkan laman postingan tidak ada link ke laman postingan Anda yang lain.

Membuat internal links ke laman lain dengan keywords yang cocok adalah cara yang cukup efektif tuk menaikan poin-poin SEO artikel Anda. Apalagi hal ini amat mudah dilaksanakan. Contohnya usaha atau blog Anda ialah bergerak dalam bidang jasa laundry, Anda dapat menjadikan internal link dengan memakai frase keywords “Jasa Laundry Murah” yang berasal dari postingan yang mengupas tentang pakaian bersih kearah postingan Anda yang lainnya yang mempromosikan jasa laundry secara harga murah. Hal ini akan menolong Mesin pencari untuk mengerti isi dari artikel website Anda dengan keseluruhan.

Meningkatkan visibilitas konten di dalam website Anda

Sejalan berjalannya waktu, artikel didalam situs atau blog Anda pastinya akan makin menjadi dari hari ke hari. Sejumlah artikel bisa saja akan terbenam dan makin sulit dijumpai oleh visitor karena jumlah konten yang baru sangat banyak.

Jika Anda mempunyai suatu laman konten yang mau Anda perlihatkan kepada visitor blog Anda, tetapi ternyata laman itu tak setenar halaman lainnya, maka Anda dapat menambah link kearah halaman itu ke dalam halaman konten lain yang kerap dibaca oleh visitor blog Anda.

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Internal Linking

Jika kita mengerjakannya dengan betul, saya jamin hasil bagusnya akan anda lihat didalam halaman SERP Google. Dalam pemakaian WordPress, sejumlah webmaster ‘menyerahkan’ tugas membangun internal linking terhadap sebuah plugin, seperti plugin Search Term Tagging 2 (STT2).

Plugin WP ini tentu dapat menolong anda dalam membangun internal linking dengan otomatis menurut kata kunci dan tag, dengan jumlah yang tak terbatas atau unlimited. Tetapi, pada faktanya, tidak sedikit user yang tak paham mengenai cara mengaturnya hingga menjadikan internal linking didalam situsnya jadi tak terkendali. Bukannya memperoleh hasil yang bagus, malah akan menjadikan blognya dianggap SPAM oleh search engine.

Tags: #harga seo #jasa pembuatan website #jasa pembuatan website seo #jasa seo berkualitas #jasa seo terpercaya #jasa toko online #jasa toko online terbaik #jasa web design #layanan jasa seo #seo toko online