3 Elemen Utama Dalam SEO Sebuah Website

315 views

Sebetulnya tuk memperoleh ranking bagus di search engine Google atau lainnya bukan hal yang begitu sulit jika kita ingin mengetahui cara optimasi suatu halaman website. Materi mengenai SEO banyak kita peroleh di internet, apa itu dalam bentuk e-book atau dalam bentuk artikel di website. Dari beberapa artikel yang membahas mengenai SEO, saya mau meringkas apa yang saya ketahui dan sudah saya kerjakan tuk mengoptimasi website.

Ada Tiga elemen mendasar dalam SEO website yang wajib kita pahami dan kerjakan jika ingin optimasi website di search engine. Ketiga elemen tersebut diantaranya; Riset Keywords, SEO Friendly Website – On-Page Factor, dan Baclinks – Off-Page Factor. Dengan memperoleh informasi elemen penting didalam SEO, kita akan setingkat lebih mudah menjalankan pengoptimalan website di search engine tuk jangka waktu yang panjang.

Mari kita ulas ketiga elemen mendasar dalam SEO:

Keywords Website

Keywords merupakan frasa atau rangkaian kata yang digunakan seseorang di dalam kolom penelusuran saat mereka sedang membutuhkan informasi di mesin pencari, misalnya Google. Keywords yang diketikkan user search engine dapat 1 suku kata, 2 suku kata, atau kadang bisa juga didalam bentuk kalimat pendek, ditentukan oleh tiap-tiap user. Di dalam satu niche, ada sejumlah keywords yang kerap digunakan oleh user search engine Google. Para pengelola website harus mengerjakan riset keywords tuk mendapatkan daftar keywords tersebut.

Riset keywords ialah langkah yang dikerjakan oleh pengelola website dalam menemukan dan menjatuhkan keywords yang sangat relevan dengan niche website yang akan dibuat, baik itu keywords tuk laman utama maupun tuk halaman artikel. Dengan menjalankan riset keywords kita dapat mengetahui keywords apa yang tidak sedikit dicari oleh para user Google, dan seperti apa tingkat kompetisi pada keywords tersebut.

Jika website kita menggunakan keywords yang TEPAT maka peluang tuk memperoleh ranking yang baik di SERP akan makin baik, dan pastinya hal ini akan memberikan trafik yang berpotensi begitu sangat besar. Memakai keywords yang ideal artinya keywords itu ialah keywords yang cukup relevan tuk domain bisnis Anda, banyak dimanfaatkan oleh user Google, dan tingkat persaingannya masih bisa diraih.

Ada banyak upaya yang boleh dilakukan dalam menentukan kata kunci yang ideal tuk domain Anda. Satu dari sekian upaya terbaik tuk mendapatkan keywords itu adalah dengan mempergunakan aplikasi gratis dari Google, yakni Google Keyword Planner. Pada artikel ini saya tak akan membahas upaya menentukan keywords yang tepat, artikel tuk topik itu saya buat di artikel lain.

Membangun Web yg SEO Friendly – On-Page Factor

Apa yang dimaksud web SEO friendly? Yang dimaksud dengan SEO friendly website ialah website yang dibuat dengan standard tertentu hingga website itu gampang dikunjungi dan dikenali oleh search engine. Disamping itu, website tersebut pun harus memberi hal positif kepada user dan mudah digunakan atau dicari. Sebetulnya ada beberapa hal yang terdapat di On-Page Factor suatu website. Tetapi berdasarkan pengalaman saya, cuma sebagian saja yang amat berpengaruh kepada kekuatan On-Page SEO, antara lain:

#Penempatan Keywords

Jika Anda mau mengoptimalkan halaman blog tuk keywords tertentu, pastikan keywords tersebut sudah ada di dalam laman website Anda hingga Google lebih mengerti apa fokus laman blog Anda. Beberapa bagian di dalam blog Anda yang musti ditambahkan keywords adalah:

Title Tag atau Judul halaman blog, Meta Description, Awal paragraf konten, Semantic URLs, Sistem Navigasi-pencarian, H1, H2, H3 tags, Internal links, File gambar-ALT

#Membangun Isi Artikel yg Berkualitas dan Relevan

Jika kita perhatikan, sebagian besar situs yang mempunyai banyak artikel yang berkualitas pasti berada di lama awal SERP Google. Sebab itu, pastikan artikel Anda berkualitas dan cocok dengan topik yang dibahas. Disamping itu, perhatikan juga tuk membuat artikel yang jelas, normalnya artikel yang jelas dan panjang lebih sederhana masuk di halaman utama Google dan kebanyakannya bertahan lebih lama di SERP Google. Jika mau optimasi artikel tuk keywords tertentu, pastikan keywords tersebut tercantum di dalam 100-150 kata di paragraf awal artikel yang dibuat.

#Meningkatkan Interaksi User Website Anda

Interaksi user di website atau blog rupanya bisa mempengaruhi pada SEO. Interaksi user tersebut akan memungkinkan bounce rate atau disebut tingkat pentalan di dalam sebuah website akan makin kecil. Tuk meminimalisasi bounce rate kita dapat menambah multimedia ke dalam artikel di blog, seperti menambah image yang atraktif, menambah video, ataupun diagram, hingga artikel kita akan makin menarik dan menciptakan user kerasan berlama-lama. Disamping itu, berikan kesempatan terhadap visitor Anda tuk memberi pendapat atau komentar dengan menambah kolom komentar di artikel dalam blog Anda.

#Menambahkan Outbound Links

Membuatkan links ke halaman blog lain yang cocok dengan artikel blog Anda juga bisa mempengaruhi pada SEO. Dengan membuatkan outbound links, hal ini akan membuatkan sinyal kepada Google apa yang berlaku sebagai fokus topik terhadap artikel Anda itu. Tetapi, Anda musti memastikan bahwa blog yang dibuatkan link adalah blog yang memiliki Authority terhadap topik yang Anda bahas.

#Kecepatan Load Website

Orang Google sempat mengatakan bahwa kecepatan load suatu website adalah salah satu faktor yang amat penting dalam praktek SEO. Website yang proses loading-nya lemot pada umumnya ditutup oleh user yang tak sabar untuk menunggu, hingga hal itu kemudian berdampak kepada SERP di Google. Silahkan periksa speedity loading website Anda dengan menggunakan GTMetrix.com.

Membangun Backlinks – Off-Page Factor

Sederhananya backlinks tersebut adalah link atau tautan dari suatu halaman website kearah blog lain, dengan kata lain suatu website memberi rekomendasi terhadap usernya tuk berkunjung ke blog lain. Maksud dari membangun backlinks adalah tuk menaikan kepopuleran suatu halaman website di internet, hingga website itu berkesempatan tuk memperoleh posisi yang lebih baik terhadap SERP Google.

Ada banyak betul blog yang dapat kita pergunakan tuk membangun backlinks. Sesuai pengalaman saya, ada sejumlah jenis backlinks yang amat efektif tuk pengoptimasian SEO website, antara lain adalah:

Links dari media sosial

Sosial media yang pada umumnya saya pakai tuk membuat backlink ialah Google+, Twitter, Facebook, Pinterest, dan lain-lainnya. Links dari sosial media ini pada umumnya nofollow, tetapi tetap akan menaikan kepopuleran suatu halaman website.

Links dari social bookmarking

Social bookmarking yang kerap saya pergunakan ialah Diigo.com, Stumbleupon.com, Lintas.me, dan lain-lainnya. Links dari social bookmarking itu ada yang nofollow dan terdapat juga yang dofollow. Pengoptimasian mempergunakan social bookmarking pastinya sangat efektif tuk website lokal, tetapi Anda perlu waspada sebab begitu banyak links dari situs social bookmarking dan dalam waktu singkat, dapat berdampak buruk.

Links dari Forum Signature

Sejumlah forum yang saya pergunakan tuk membuat backlinks ialah Bersosial.com, Forum.detik.com, dan lain-lainnya. Sebagian besar links dari website forum itu ialah dofollow. Lebih enaknya lagi, disamping memasang links di signature, kita pun dapat memasang links didalam artikel yang kita posting didalam forum tersebut, efeknya lebih baik tuk SEO. Tetapi perkirakan Anda tak membuat SPAM sebab beberapa besar website forum amat ketat peraturannya.

Links dari Web 2.0 properties

Beberapa web 2.0 yang kerap saya pergunakan adalah Blogger.com, WordPress.com, Bravenet.com, Blog,com, Kompasiana.com, dan lain-lainnya. Links dari web 2.0 itu sebagian besar ialah dofollow. Terutama untuk Blogger dan Tumblr biasanya saya menggunakan blog berusia tua dan sering memiliki Page Rank menjadi sumber backlinks. Blog itu kerap dilupakan oleh pemiliknya dan dapat didaftarkan lagi oleh user baru, lingkungan blogger kerap dijuluki dengan Blog Zombie.

Tags: #jasa konsultasi seo #jasa pembuat web murah #jasa seo kaskus #jasa toko online murah #jasa website terbaik

Leave a reply "3 Elemen Utama Dalam SEO Sebuah Website"

Author: